Monday 9 September 2013

Gemilang di Sekolah, Belum Tentu di Kuliah

Dokumen Pribadi
Teringat perkataan seorang Ustaz waktu mondok di pesantren dulu. Beliau mengatakan, “Seseorang yang selalu mendapat rangking di sekolah belum ia sukses di kuliah!”. Perkataan seorang ustaz ini berlandaskan pada seorang kawannya yang dulu sama-sama menuntut ilmu di sebuah pesantren di Sumatra Utara. Kawan beliau itu merupakan seorang yang sangat bandel dan tidak pernah mendapat rangking. Sedangkan Sang Ustaz punya prestasi gemilang dan selalu mendapat rangking dari awal hingga tamat.

Namun, setelah sama-sama di bangku perkuliahan, hal di atas menjadi terbalik 90 derajat. Sang kawan ustaz tadi dapat menyelesaikan kuliah tepat waktu denga IP memuaskan. Pun sekarang ia telah berkerja di
Sebuah perusahaan bergengsi. Berbeda dengan nasib Sang Ustaz yang masih di duduk di bangku kuliah melebihi jumlah semester normal.

Cerita Sang Ustaz tersebut ternyata juga terjadi pada kawan-kawan seangkatan saya. Dan perkataan beliau benar adanya. Beberapa kawan yang yang dulunya tergolong bandel waktu di sekolah ternyata mereka telah menyelasaikan kuliah tepat waktu. Sedangkan saya masih bingung dengan nasib kuliah saya yang masih terombang-ambing.

Apa penyebabnya n?Menurut saya hal ini disebabkan oleh sistem belajar-mengajar yang berbeda. Di sekolah guru lebih banyak aktif, lebih sedikit diberi kelonggaran bagi siswa untuk menanggapi. Bila ada siswa yang ngotot dan bersikeras menaggapi Si Guru maka dianggap “durhaka”. Apabila ada siswa yang patuh dan mengiyakan semua semua perkataan guru, maka ia dianggap anak baik dan mendapat nilai plus.
Berbeda dengan bangku perkuliahan. Mahasiswa dituntut lebih aktif daripada dosen. Dosen hanya sebagai pengantar, selebihnya adalah mahasiswa. Mahasiswa yang malas menanggapi dan hanya duduk diam saja justeru akan semakin ketinggalan.


Namun bukan berarti semua mengalami hal seperti ini. Masih banyak yang berprestasi di sekolah juga berprestasi di kuliah. Semua tergantung pada diri sendiri.

No comments:

Post a Comment

Jatuh Cinta Pada Lagu "Keumang" Joel Pasee

Itu lah lirik lagu "Keumang" yang didendangkan oleh Joel Pasee, seorang penyanyi kondang Aceh juga mantan vokalis grup musik Et...